tena

Tena salah satu grup Teater di Medan yang masih eksis di bawah arahan Yan Amarni Lubis. Produksi Teater Nasional ( Tena ) memang tidak banyak di usianya yang hampir setengah abad.

Burhan Piliang, Isqak,S, Mazwad Azham, Sori Siregar dan Rusli Mahadi adalah pendiri Teater Nasional , tepatnya tanggal 28 Oktober 1963, dengan produksi ' Garis Pisah' karya Taguan Hardjo, yang di pentaskan di Balai Prajurit dekat kantor Pos Besar Medan.

Kamis, 04 Desember 2008

SARAH JUARA I LOMBA BACA PUISI HSBI

Sarah, mahasiswi IAIN Sumatera Utara, berhasil menyisihkan 29 peserta yang mengikuti ajang lomba baca puisi HSBI Sumatera Utara di Medan pada tanggal 4 Desember 2008 lalu di aulau IAIN Medan, Jalan Sutomo Medan. Juri yang terdiri dari M. Raudah Jambak, Saiful dan Saiful Amir dalam sidang dewan juri yang cukup alot, tanpa dipengaruhi dari pihak manapun, menetapkan dalam keputusan Dewan Juri untuk mengusung Sarah sebagai pembaca puisi terbaik 2008 versi HSBI Sumatera Utara. Di urutan ke dua, Nisah yang juga sedang menuntut ilmu di IAIN Sumatera Utara, menduduki posisi ke dua sebaga pembaca terbaik disusul Arief mahasiswa Unimed Medan di tempat ke tiga. Sedangkan Dian Alasta, yang juga mahasiswa IAIN semester akhir harus puas diurutan harapan tiga.

Dalam kesempatan bincang-bincang dengan Sarah dan Nisah setelah ke duanya asyik merayakan kemenangannya, mengatakan, kemenangan itu adalah sebagai motor pemicu buat mereka untuk semakin menekuni seni dan disiplin ilmu yang mereka peroleh di IAIN. Kemenangan itu tidak membuat mereka untuk cepat puas, karena kemenangan itu adalah milik semua orang yang ikut berlomba. Sarah yang di lahirkan di Medan, dan ke dua orang tua berdomisili di Pematang Siantar, mengharapkan agar HSBI terus memotifasi pelajar dan mahasiswa untuk serius menekuni dunia kesenian. Sarah dan Nisa juga aktif di teater dan beberapa kali ikut tour bersama Seni Pertunjukan Rakyat yang di koordinir Infokom Sumatera Utara. Menurut Nisa, dalam waktu dekat sangar LKSM yang kini di bimbing oleh Ayah D. Rifai Harahap dalam latihan akting, akan mementaskan cerita rakyat Sumatera Timur yang berjudul" Cerita Bohong". Naskah yang nantinya akan dimainkan secara improvisasi akan di Sutradarai oleh Ridho. Para pemain yang terjaring untuk memperkuat pagelaran anak-anak IAIN asuhan Novril sebagai kakak pembina di sangar LKSM, berharap agar regenerasi setelah Andi Mukli, Apri dan Rangga yang telah selesai kuliahnya, Kesenian di IAIN dapat menjadi pendorong semangat buat mahasiswa untuk lebih giat lagi menekuni disiplin ilmu yang dituntut di perguruan tinggi itu. Cerita Bohong di dukung juga oleh Ardi, Tatak, Fery, Ani, Reny dan puluhan pendukung lainnya. Selamat buat Sarah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar